Meningkatkan Minat Penelitian Melalui Workshop Publikasi Kolaborasi Mahasiswa dan Dosen Ekonomi Syariah UMY

February 11, 2021, oleh: superadmin

Kamis, 11 Februari 2021, Bertempat di Gedung AR. Fachruddin B lantai 5 UMY telah diselenggarakan Workshop Publikasi Kolaborasi Mahasiswa dan Dosen. Pemateri pada workshop ini adalah Dr. Nuryakin, S.E., M.M sebagai Asisten Ahli Program Studi Magister Manajemen UMY dan Dr. Agus Setyo Muntohar, S.T., M.Eng.Sc sebagai Guru Besar Program Studi Teknik Sipil.

 

Peserta pada workshop ini adalah Dosen Ekonomi Syariah (EkSya) UMY dan perwakilan mahasiswa bimbingan skripsi. Seluruh perwakilan mahasiswa diberikan arahan oleh dosen pembimbing skripsinya masing-masing guna menyelesaikan naskah publikasi yang dihasilkan secara kolaborasi. Sejumlah masing-masing satu dosen dan mahasiswa bergabung dalam satu tim. Semua tim yang telah terbentuk berkewajiban menyiapkan satu judul penelitian yang akan dipublikasi.

 

Kegiatan ini memiliki beberapa pembahasan, antara lain prosedur submit jurnal publikasi serta alur bimbingan jurnal publikasi yang disampaikan Dr. Nuryakin, S.E., M.M dan pembahasan mengenai etika publikasi jurnal dan model editing karya mahasiswa (skripsi) yang dapat terpublish di Jurnal Internasional yang disampaikan oleh Dr. Agus Setyo Muntohar, S.T., M.Eng.Sc.

 

Output dalam kegiatan yang melibatkan mahasiswa dan dosen ini adalah meningkatkan minat penelitian bagi mahasiswa dan dosen. Sehingga, nantinya mahasiswa dan dosen dapat menghasilkan karya ilmiah lebih banyak dan mampu berkolaborasi tanpa membatasi tingkat pendidikan yang dimilikinya.