Profil

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Selamat datang di Kampus Fakultas Agama Islam Prodi Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.  Prodi Ekonomi Syariah merupakan prodi termuda di FAI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta , dibanding dengan dua prodi lainnya yaitu KKI (Komunikasi & Konseling Islam) dan PAI (Pendidikan Agama Islam).
Latar belakang didirikan Prodi Ekonomi Syariah,  karena  pada saat itu Indonesia sedang  dilanda krisis ekonomi. Oleh karena itu prodi ini mencoba merealisasikan dan menjawab tantangan perekonomian yang sedang mengalami kelesuan pada tahun 1998.
Berdasarkan Surat keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor :E/76/1999, prodi ini resmi terdaftar. Namun saat itu prodi Ekonomi Syariah masih bernama Prodi Muamalat konsentrasi Ekonomi dan Perbankan Islam. Pada tahun 2010 memperoleh Akreditasi A dan kembali memperoleh Akreditasi A pada tahun 2015 yang ditetapkan berdasarkan SK BAN PT Depdikbud RI Nomor 324/SK/BAN-PT/S/V/2015. Salah satu visi Prodi Ekonomi Syariah adalah menjadi program studi yang terdepan dan mencerahkan di bidang ekonomi dan perbankan Islam berlandaskan semanagat ijtihad dan profesional . Untuk mencapai visi dan misi  yang telah ditetapkan,  maka prodi kami telah berupaya  meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan baik di bidang ekonomi maupun perbankan Islam. Mahasiswa mendapatkan pengajaran tentang konsep-konsep atau teori-teori perbankan dan  praktik perbankan syari’ah.
Oleh karena itu pengajaran dan pembimbingan kepada mahasiswa harapan ke depannya dapat mencetak  profil lulusan Ekonomi Syariah sebagai seorang peneliti yang kompeten dan praktisi yang profesional, responsif dan visioner. Akhir kata, demikian yang dapat saya sampaikan mudah-mudahan dapat mengantarkan putra-putri yang cerdas dan manfaat untuk bangsa dan negara.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Hormat Saya

Ketua Program Studi Ekonomi Syariah

Dr. Maesyaroh, M.A.

Lambang UMY berbentuk gambar matahari dengan dua belas sinar yang memancar ke segenap penjuru, dengan warna kuning keemasan, diambil dari lambang Persyarikatan Muhammadiyah.

Di tengah-tengah matahari tertulis Muhammadiyah dengan huruf arab yang berarti pengikut Nabi Muhammad SAW.

Pada lingkaran luar sebelah atas tertulis syahadat tauhid dengan huruf arab: “Asyhadu Anlaa ilaaha illa Allah”, yang artinya “Saya bersaksi bahwasanya tiada Tuhan selain Allah”.

Pada lingkaran luar sebelah bawah tertulis syahadat rasul dengan huruf arab: “wa Asyahadu anna Muhammadan Rasulullah”, yang artinya “dan saya bersaksi bahwasanya Muhammad SAW adalah utusan Allah”.

Gambar matahari melambangkan daya vitalitas dan dinamika yang memancar dari dalam dirinya sendiri, yang memberikan kehidupan kepada lainnya.

Muhammadiyah mentamsilkan dirinya sebagaimana matahari yang akan memancarkan sinar kehidupan rohani, yang intinya terletak dalam dua kalimat syahadat kepada siapapun yang di temuinya (Al-Anfal:24).

Dua belas sinar matahari melambangkan semangat kaum Hawary, yaitu dua belas sahabat Nabi Isa AS yang senantiasa siap berjuang demi kemuliaan Agama Islam. Muhammadiyah mentamsilkan dirinya sebagai kaum Hawary yang memiliki semangat juang yang sangat tinggi untuk melaksanakan dakwah Islam Amar ma’ruf nahi munkar di mana dan kapanpun juga dengan dilandasi motivasi semata-mata mencari keridlaan Allah SWT (As-Shaff:14).

Lambang Matahari dijadikan inti lambang Universitas sekaligus memberikan penegasan bahwa UMY merupakan salah satu amal usaha Muhammadiya berdiri dibawah panji-panji Persyarikatan Muhammadiyah dan oleh karena itu seluruh nafas, gerak dan aktifitasnya senantiasa wajib diselaraskan dengan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah.

Padi dan kapas yang melingkari matahari melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran.

UMY merupakan lembaga pendidikan tinggi yang didirikan oleh Persyarikatan Muhammadiyah, bertujuan untuk terwujudnya sarjana muslim berakhalq mulia, yaitu cendikiawan yang siap mengemban misi selaku khalifah Allah di atas bumi, yang tugas utamanya mengupayakan terwujudnya kehidupan masyarakat yang makmur sejahtera.

Lima kelopak bunga yang melingkar melambangkan Pancasila sebagai dasar dan falsafah negara Republik Indonesia. dan sekaligus melambangkan dinul islam yang ditegakkan di atas lima prinsip.

Diluar padi dan kapas tertulis secara melingkar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Seluruh lambang berada di atas warna dasar hijau daun, melambangkan sifat kesabaran, ketelitian dan keihlasan, artinya bahwa dalam melaksanakan tugas utamanya seluruh unsur yang terlibat di dalam universitas harus dilandasi dengan prinsip kesabaran, ketelitian dan keihlasan semata-mata mencari Ridla Allah SWT.

Logo Program Studui Ekonomi Syariah FAI UMY

VISI

MISI