Tentang Kami

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Selamat datang di Kampus Fakultas Agama Islam Prodi Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.  Prodi Ekonomi Syariah merupakan prodi termuda di FAI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta , dibanding dengan dua prodi lainnya yaitu KKI (Komunikasi & Konseling Islam) dan PAI (Pendidikan Agama Islam).
Latar belakang didirikan Prodi Ekonomi Syariah,  karena  pada saat itu Indonesia sedang  dilanda krisis ekonomi. Oleh karena itu prodi ini mencoba merealisasikan dan menjawab tantangan perekonomian yang sedang mengalami kelesuan pada tahun 1998.
Berdasarkan Surat keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor :E/76/1999, prodi ini resmi terdaftar,dan saat itu prodi Ekonomi Syariah masih bernama Prodi Muamalat konsentrasi Ekonomi dan Perbankan Islam. Pada tahun 2020 memperoleh Akreditasi A untuk ke-3 kalinya yang ditetapkan berdasarkan SK BAN-PT No. 2840/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2020. Visi Prodi Ekonomi Syariah adalah menjadi program studi yang terdepan dan mencerahkan di bidang ekonomi syariah berlandaskan semangat ijtihad dan profesional. Untuk mencapai visi dan misi  yang telah ditetapkan,  maka prodi kami telah berupaya  meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi syariah dan bisnis syariah lainnya seperti perbankan syariah dan lembaga keuangan syariah non bank. Prodi ini memberikan kesempatan terbaik bagi putra-putri terbaik dalam menempa diri dengan mendalami, memahami dan menguasai konsep-konsep atau teori-teori ekonomi dan bisnis syariah serta praktik yang relevan dalam menunjang kompetensi.
Komitmen kami; memerikan pengajaran dan pembimbingan terbaik kepada mahasiswa sebagai harapan besar agar dapat mencetak  profil lulusan Ekonomi Syariah sebagai seorang Praktisi yang profesional, responsif dan visioner, Peneliti dan Entrepreneur yang kompeten dibidangnya. Mudah-mudahan hal ini dapat mengantarkan Mahasiswa menjadi sumber daya berkemajuan dan mampu berdaya saing di bidang ekonomi syariah .

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Hormat Saya

Ketua Program Studi Ekonomi Syariah

Dr. Homaidi Hamid, S.Ag., M.Ag.

 

Logo Program Studi Ekonomi Syariah FAI UMY

Simbol Warna; Warna orange melambangkan keberanian, ketegasan dan semangat juang Ekonomi syariah untuk mencapai kemaslahatan dan Al Falah.
Bahasa; kemaslahatan itu kemakmuran umat
Al falah; tujuan akhir dari ekonomi syariah yang terdiri dari beberapa elemen menuju kemenangan yang haqiqi (dunia-akhirat)
Warna hijau melambangkan sistem ekonomi syariah sebagai satu kesatuan sistem yang tidak terpisah dari keseimbangan alam semesta (konsep balancing)
Simbol;
– Eksya; Ekonomi Syariah
– UMY ; Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
– Matahari ; Lambang Muhammadiyah
– Lingkaran : Bola Dunia
Makna Simbol Grafis;
Program studi Ekonomi Syariah akan menjadi prodi terdepan dan mencerahkan di bidang ekonomi berlandaskan semangat ijtihad dan profesionalisme bertaraf nasional dan internasional dibawah naungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Arah gerak perjuangan program studi Ekonomi Syariah mengikuti arah gerak Muhammadiyah.

Menjadi Program Studi Terdepan dan Mencerahkan di Bidang Ekonomi Syariah Berlandaskan Semangat Ijtihad dan Profesionalisme Bertaraf Nasional dan Internasional tahun 2025.

  • Memajukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi syariah
  • Membangun sikap pro-mutu di bidang penelitian, pendidikan-pengajaran, dan pengabdian masyarakat.
  • Memberikan dan mengembangkan pelayanan profesional, baik secara internal maupun eksternal.

Dr. Homaidi Hamid, S.Ag., M.Ag.

Ketua Program Studi

Aqidah Asri Suwarsi, S.E.I., ME.

Sekretaris Program Studi

Julia Noermawati, SE., MSI.

Koordinator Laboratorium Mini Bank Syariah

Suhari

Staf Akademik Program Studi