Akademik

Fasilitas

Masjid KH Ahmad Dahlan

Terletak di pusat gedung terpadu UMY untuk memudahkan akses ibadah, masjid juga berfungsi sebagai public space tempat belajar, diskusi, dan rapat kegiatan mahasiswa

Adalah mutlak bagi perguruan tinggi Islam memiliki sarana yang memadai bagi para masyarakatnya untuk melakukan rutinitas ibadah sebaik mungkin, hal inilah yang digagas UMY dengan mendirikan Masjid KH. Ahmad Dahlan di atas lahan seluas 5400 m2 sebagai pusat kegiatan dan akitivitas keislaman, guna mendukung peningkatan mentalitas dan kepribadian sivitas akademika UMY manuju kehidupan insan madani. Masjid KH. Ahmad Dahlan yang terdiri dari 3 lantai ini memiliki kapasitas tapungan jamaah lebih dari 15 ribu orang.

Fasilitas Olahraga

Untuk menunjang aktifitas olahraga, tersedia lapangan sepak bola, futsal, tenis, basket, badminton dan voli yang berada di lingkungan asri kampus terpadu UMY.

Lapangan olah raga terbuka merupakan salah satu sarana yang disediakan oleh UMY guna melengkapi fasilitas fisik yang dapat mendukung berbagai kegiatan ekstra dan oleh raga bagi mahasiswa dan sivitas akademika. Lapangan yang terletak di unit utara  kampus UMY ini juga manfaatkan oleh berbagai pihak, khususnya masyarakat sekitar UMY dalam menyelenggarakan acara bersekala besar. Di samping itu lapangan yang digunakan sebagai arena pameran dan Bazar Mukatamar Muhammadiyah satu abad ini juga merupakan pusat latihan bersama Sekolah Sepak Bola Hisbul Wathan Kec. Kasihan Bantul.

Fitness Center
Plaza dan Lapangan Bintang

Berbentuk bintang segi delapan dan menjadi landmark khas UMY. Lapangan bintang menjadi pusat kegiatan komunitas mahasiswa.

Penggambaran yang sangat artistik terhadap simbol bintang delapan, yang juga digunakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai lambang tegaknya Islam serta memberi arti luas nilai dakwah Islamiyah yang diembannya. Cita-cita dakwah Islam yang disebarkan dari kampus UMY ini, baik Dosen, Mahasiswa maupun Alumninya mengarah pada delapan arah mata angin, sehingga lapangan bintang ini diharapkan mampu menginspirasi masyarakat kampus UMY untuk tetap menegakkan dan menumbuhkan nilai-nilai Islam di manapun mereka berada. Lapangan bintang ini digunakan untuk penyelenggaraan kegiatan-kegiatan out door kampus seperti pameran, bazar, arena olah raga atau kegiatan masyarakat sekitar kampus seperti pelaksanaan sholat Iedul Fitri dan Iedul Adha.

Area Parkir (IT based paarking)

Akses parkir dengan kartu mahasiswa dan karyawan di tiga pintu gerbang dan area-area parkir yang tersebar di dekat gedung perkuliahan

Di lingkungan kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sarana bagi kenyamanan pemilik kendaraan untuk memarkirkan kendaraannya sangat diperhatikan sesuai dengan standar pengamanan yang ada, sehingga lahan yang memadai bagi kendaraan roda empat maupun roda dua terpisah meyesuaikan tata letak yang di desain termasuk peraturan berkendara dan sanksi bagi pengendara yang memparkirkendaraannya di sembarang tempat.
Selain memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan dalam memarkir kendaraan sebagaimana di atas, jarak dengan area gedung di desain sedemikian rupa agar tidak terlalu jauh serta luas lahan parkir nan rindang tentu menjadi kenyamanan tersendiri.

Medical Center
Ruang Kelas

Kenyamana ruang kelas adalah hal terpenting dalam menciptakan suasana belajar-mengajar yang kondusif.

Setiap kelas di kampus UMY dilengkapi pendingin ruangan dan tata letak kelas yang fleksibel menyesuaikan aktifitas pembelajaran seperti ceramah, diskusi kelompok, dan presentasi. Untuk penyampaian materi kuliah berbasis multimedia disediakan Layar LCD dan Sound System.

Perpustakaan

Perpustakaan UMY menyediakan berbagai referensi dalam bentuk buku, skripsi bidang studi yang juga dilengkapi ruang baca dan multimedia.

Senin- Jumat 08.00 – 17.00
Sabtu 08.00 -15.00

Laboratorium Komputer Statistik & Perbankan

Pada saat ini telah dibentuk dua laboratorium, yaitu: Laboratorium Praktik Perbankan, dan Komputer Statistik. Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa, pada tahun 1998 telah dibangun sistem jaringan Local Area Network (LAN). Selain itu FAI UMY  senantiasa melakukan pembaruan dan menambah fasilitas komputer yang dimiliki seiring dengan perkembangan kebutuhan dan teknologi. Setiap komputer untuk praktik perbankan dilengkapi dengan sistem IBA (Islamic Banking Aplication) untuk menunjang sarana belajar mahasiswa dalam praktikum.

Fasilitas Perbankan

Untuk memfasilitasi mahasiswa dalam melakukan transaksi perbankan di kampus, FAI UMY  menyediakan counter bank yang disediakan oleh Bank BRI, Bank Mandiri Syariah, Bank Bukopin, BPD Syariah, dan lainnya. Selain itu tersedia juga fasilitas ATM di sekitar kampus yang jaringannya terhubung dengan jaringan ATM Bersama.

Internet dan Hotspot Area (24 jam)

Dalam menunjang proses pembelajaran, tersedia fasilitas Wifi yang dapat diakses di seluruh area kampus. Email dan blog sebagai sarana komunikasi dan berbagi referensi.

Untuk meningkatkan akses data dan jurnal-jurnal ilmiah serta akses informasi lainnya bagi sivitas akademika Eksya UMY, telah disediakan fasilitas koneksi internet hot spot maupun fasilitas internet dengan kabel di semua ruang kelas dan tempat strategis lainnya di lingkungan kampus.

UMY Boga

Terletak di bawah Lapangan Bintang, food court ini menyediakan berbagai booth makanan.

Kantin untuk mahasiswa dan staf yang terletak di sisi barat kampus FAI UMY menyediakan berbagai macam makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau bagi mahasiswa. Dilengkapi dengan wifi dan tempat makan kursi atau lesehan yang buka setiap hari dari 08.00-16.00.

Public Space

Taman batu untuk berdiskusi dan berkumpul yang dilengkapi dengan layanan Wifi dan akses listrik.

Asrama Mahasiswa

ASRAMA BAGI PARA MAHASISWA

Unires atau University Residence milik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini adalah sebuah asrama mahasiswa yang terdiri dari tiga bangunan twin blok rusunawa berbentuk cross blok. UNIRES berada 1 di sebelah utara kampus untuk mahasiswa, dan 2 di sebelah selatan kampus untuk mahasiswi. UNIRES diresmikan oleh menteri pekerjaan umum republik indonesia pada tanggal 29 Februari 2008. Sejak diresmikannya, UNIRES setiap tahunnya melahirkan sekitar 300 mahasiswa.

Cafe

CAFE 1912 UMY
Mengusung nama 1912 sesuai dengan tahun lahirnya Muhammadiyah, UMY resmi melakukan soft opening Cafe 1912 pada Senin, 20 Juli 2020.
Cafe sekaligus working space ini menyuguhkan tempat outdoor dan indoor yang nyaman dan asyik sebagai tempat diskusi maupun rapat, apalagi terdapat akses rooftop yang membuat penyegaran mata karena bisa memandangi lingkungan sekitar cafe.